RSUD CIKALONGWETAN RAIH AKREDITASI NASIONAL BINTANG EMPAT

Bandung Barat (12/7/ 2019). Setelah melewati proses persiapan dan evaluasi yang cukup panjang akhirnya RSUD Cikalongwetan berhasil meraih akreditasi bintang 4 (peringkat utama) dalam kegiatan akreditasi SNARS Edisi 1 oleh Lembaga Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) tingkat nasional. Berita ini disampaikan oleh DR. Dr. H. Ridwan Abdullah Putra, SpOG(K-FM),CH selaku Direktur RSUD Cikalongwetan disela-sela kesibukannya melayani pasien kebidanan dan kandungan di rumah sakit saat ditemui oleh awak media. “Hasil ini Kami peroleh tiga hari yang lalu setelah sebelumnya pada tanggal 27 sd 30 Juni yang lalu RSUD Cikalongwetan didatangi surveyor KARS untuk melakukan penilaian kinerja rumah sakit yang meliputi 15 Pokja. Dari 15 Pokja, 12 Pokja diantaranya lulus dengan nilai di atas 80 sebagai syarat minimal kelulusan dan akhirnya diganjar bintang 4. Kami bisa mencapai paripurna  (bintang 5) jika dalam 3-6 bulan kedapan RSUD Cikalongwetan bisa memperbaiki rekomendasi 3 Pokja yang sekarang mendapat nilai 70 (Prognas),72 (KKS) dan 74 (MIRM)”, imbuhnya.

 “Hasil ini sangat membagakan buat Kami, mengingat rumah sakit ini baru beroperasi selama 1 tahun 10 bulan jika dibandingkan dengan rumah sakit milik pemda lainnya, yakni RSUD Cililin (7 tahun) dan RSUD (5 tahun) yang telah memperoleh bintang 3 dan tentunya  hasil ini berkat kerja keras seluruh karyawan rumah sakit dan dukungan semua pihak. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah Bandung Barat selama ini dan  mengharapkan memberikan dukungan yang lebih maksimal lagi karena setelah akreditasi ini Kami tidak akan berpuas diri, masih banyak agenda yang harus Kami selesaikan dan komitmen Kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang prima dan bermutu bagi masyarakat, jelasnya”.

Lebih lanjut ditanya agenda kedepan rumah sakit setelah keluar hasil akreditasi ini, Ridwan mengatakan “Kami sedang mempersiapkan diri menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) agar Kami bisa lebih cepat bisa melayani kebutuhan  kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dan dalam rangka memperpendek rentang birokrasi yang selama ini Kami rasakan sulit untuk mengembangkan diri dengan status sekarang ini dan sesuai keiginan Bapak Bupati AA Umbara Sutisna yang menginginkan RSUD Cikalongwetan bisa naik ke kelas C tahun depan, Kami telah merencanakan kalau bisa tahun ini juga per Oktober Kami sudah bisa ditetapkan menjadi rumah sakit kelas C karena Kami telah lulus akreditasi yang merupakan pintu masuk untuk pengurusan kenaikan kelas”. Bukan itu saja, bahkan “Kami bertekad menjadi rumah sakit yang berbasis teknologi informatika sehingga menjadi pilot project bagi rumah sakit di Bandung Barat bahkan di Propinsi Jawa Barat nantinya, untuk itu segala sesuatunya sudah Kami persiapan dan Kami terus berbenah diri, tinggal dukungan dan komitmen pengambil kebijakan yang Kami butuhkan saat ini,” imbuh dokter  yang gemar berorganisiasi ini.

Sementara itu tokoh masyarakat Cikalongwetan yang juga anggota komisi IV DPRD Bandung Barat, Ir. Sundaya, MM terpisah  mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya yang tinggi kepada pimpinan dan seluruh karyawan rumah sakit atas  akreditasi bintang 4 yang telah dicapai. “Sebagai anggota  masyarakat Cikalongwetan, tentunya  prestasi ini  sangat membanggakan Kami, mengingat rumah sakit ini baru beroperasi.” Dia berharap ke depan RSUD Cikalongwetan bisa menjadi rumah sakit kebanggaan dan pusat rujukan utama di Kabupaten Bandung Barat. “Saya berharap Pemda melalui Dinas Kesehatan dapat memberikan dukungan yang maksimal untuk mewujudkan tujaun dimaksud. Hasil ini tentunya tidak diperoleh begitu saja kalau rumah sakit ini tidak dipimpin oleh seseorang yang memiliki karkter yang kuat, berpengalaman dan mumpuni seperti pimpinan sekarang ini dan Saya berharap RSUD Cikalongwetan ke depan bisa menjadi role model  pengembangan rumah sakit di Bandung Barat dan Saya sangat yakin dengan kapasitas pimpinan sekarang ini tinggal dukungan yang maksimal perlu Kita berikan”, ujarnya bersemangat.(arf)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “RSUD CIKALONGWETAN RAIH AKREDITASI NASIONAL BINTANG EMPAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0